APLIKASI PENGOLAH ANGKA

 APLIKASI PENGOLAH ANGKA









PENGERTIAN APLIKASI PENGOLAH ANGKA 

Program pengolah angka atau lembar sebar atau yang sering disebut dengan spreadsheet, adalah aplikasi komputer yang digunakan untuk menyimpan dan menganalisis data dalam bentuk angka.

Pengertian dari spreadsheet menurut I Wayan Wardana adalah suatu tabel nilai-nilai yang disusun dalam baris dan kolom. Setiap nilai dapat memiliki suatu hubungan yang telah didefinisikan dengan nilai lainnya.

4 elemen dalam aplikasi pengolah angka:


1. Row adalah baris horisontal pada lembar kerja excel yang di wakili oleh nomor (1,2,3,4…..) dengan jumlah baris maksimum adalah 1.048.576

2. Column adalah kolom vertikal pada lembar kerja excel yag diwakili oleh Huruf (A,B,C,D,E,….) dengan jumlah kolom maksimum adalah 16.384 atau kolom (XFD)

3. Cell adalah tempat untuk menginput dan menampung data pada excel yang didalamnya terdapat alamat cell. Alamat cell merupakan titik temu antara kolom dan baris.

4. Range adalah gabungan dari beberapa cell atau bisa juga di artikan gabungan dari beberapa kolom atau beberapa baris.


 ༒ JENIS DAN MANFAAT APLIKASI PENGOLAH ANGKA 

Program pengolah angka/spreadsheet dapat dikategorikan dalam berbagai jenis dapat menurut jenis lisensi atau perangkat yang digunakan. Jenis lisensi dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut.

•Closesource

Closesource memiliki pengertian bahwa software tersebut memiliki lisensi terbatas atau berbayar. Contohnya adalah Microsoft Excel. Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation.

•Opensource

Opensource merupakan kebalikan dan dari closesource. Konsep opensource membolehkan para user untuk menggunakan dan membuka kode sumbernya untuk dikembangkan. Namun, tetap ada etika yaitu mencantumkan sumber dari kode tersebut.

Contoh aplikasi berbasis mobile adalah sebagai berikut:

1. Google Sheet

2. Office Suite

3. WPS Office

4. Microsoft Excel Mobile

5. Polaris Office

Fungsi dari program pengolah angka/spreadsheet adalah sebagai berikut:

1. Mengolah angka menggunakan rumus

2. Membuat tabel dan grafik

3. Mengolah data statistik

4. Pembuatan laporan keuangan

5. Pengolahan data perpajakan.


CARA MENJALANKAN APLIKASI PENGOLAH ANGKA MICROSOFT EXCEL ༒

Ada 3 cara untuk menjalankan aplikasi pengolah angka Microsoft Excel:

•Melalui desktop

•Melalui taskbar

•Melalui start menu

PENGENALAN JENDELA APLIKASI PENGOLAH ANGKA

• QuickAccess Toolbar: Berisi tombol-tombol yang sering diakses dan dapat ditambah dan dikurangi sesuai dengan kebutuhan.

• Title Bar  : Menambilkan nama file yang sedang dibuka.

 •Tab Ribbon : Menampilkan daftar grup toolbar yang terdiri atas File, Home, Insert, PageLayout, Formulas, Data, Review, dan Help.

• Toolbar : Berisi daftar toolbar dasar kelompok fungsi di Tab Ribbon.

• Formula Bar : Berfungsi untuk menampilkan atau menyisipkan fungsi tertentu ke dalam suatu sel.

• Ribbon Display Option: Berfungsi untuk mengatur penampakan pita menu Tab Ribbon dan Toolbar.

• Worksheet : Menampilkan dan mengatur lembar kerja.

• Zoomlevel : Mengatur ukuran penampilan lembar kerja.


MEMBUAT FILE BARU

1. Klik File
2. Klik New
3. Guna membuat lembar kosong, maka pilih Blank Workbook

Short key pada keyboard untuk membuka lembar kerja baru adalah Ctrl+N.

MENYIMPAN FILE BARU

1. Pilih menu File
2. Pilih Save As
3. Pilih Browse
4. Beri nama file dan pilih lokasi untuk penyimpanan

#Short key pada keyboard dapat menggunakan F12#
#Jika file telah dibuka kita tidak perlu menggunakan menu save as cukup memilih menu save atau menggunakan short key CTRL+S pada keyboar

MEMBUKA FILE

1. Pilih Menu File
2. Pilih Open
3. Pilih Browse
4. Pilih lokasi penyimpanan file, pilih file yang akan dibuka dan klik tombol Open.

#Dapat juga menggunakan short key pada keyboard Ctrl+O.

MENAMBAH SHEET BARU

1. Pada bagian bawah lembar kerja pilih tombol New Sheet
2. Sheet dapat juga diganti namanya dengan cara double klik pada nama sheet. Kemudian ganti nama sheet tersebut

MENAMBAHKAN TOOL YANG SERING DIGUNAKAN

1. Pilih tombol Quick Access Toolbar.
2. Pilih menu yang ada pada jendela tersebut. Jika tidak ada, maka bisa membuka menu More Commands.

MENUTUP FILE

1. Pilih tombo Close (X) pada pojok kanan atas
2. Maka akan muncul gambar berikut
3. Pilih tombol Save untuk menyimpan, tombol Don’t Save jika tidak menyimpan dan tombol Cancel jika membatalkan.

Pengaturan Layout

•Buka menu Page Layout
•Untuk mengatur ukuran kertas pilih tombol Size.
•Guna mengatur ukuran kertas yang lain, maka pilih More Paper Sizes dan pada tab Page buka combo box Paper Size.
•Guna mengatur margin, maka dapat membuka Tab Margins.

MENAMPILKAN AREA CETAK

1. Pilih menu View
2. Pilih Page Layout
3. Tampilan lembar kerja akan muncul lembaran

MENCETAK FILE

1. Pilih menu Page Layout

2. Pilih Print Area

3. Pilih Set Print Area.

4. Kemudian Seleksi Area kerja yang akan dicetak.

• Pilih menu File

• Pilih Print

• Pilih Printer yang akan digunakan

• Kemudian pilih tombol Print

MEMBUAT TABEL


[Menggunakan Menu Insert Table]

1. Seleksi rentang data yang ingin diubah menjadi table
2. Pilih tombol table pada tab insert lalu group tables
3. Untuk langkah cepat gunakan shortkey CTRL+T atau CTRL+L
4. akan muncul sebuah option box atau kotak pilihan create table
5. Pada kotak pilihan ini pastikan rentang sel atau range data yang ingin dijadikan table sudah benar
6. Jika range data yang ingin dijadikan tabel memiliki Headers atau judul kolom maka centang bagian my table has headers.
7. Klik OK

[Menggunakan Menu Format as Table]

1. Seleksi rentang data yang ingin diubah menjadi table
2. Pada tab home dan bagian group style pilih menu format as table. 
3. Pilih salah satu design table yang dikehendaki
4. Muncul sebuah option box atau kotak pilihan create as table
5. Pada kotak pilihan ini pastikan rentang sel atau range data yang akan dijadikan table sudah benar
6. Seperti cara pertama jika range data yang ingin dijadikan table memiliki headers atau judul kolom maka centang bagian “my table has headers”
7. Klik Ok.

MEMBUAT GRAFIK

1. Drag keseluruhan data yang kita punya
2. Klik menu bar Insert lalu pilih toolbar Recommended Charts
3. Lalu kita dapat memilih jenis chart/grafik yang kita inginkan


Cara lain untuk membuat grafik di excel adalah dengan cara memilih langsung chart yang kita inginkan pada toolbar yang ada disamping Recommended Chart. Lalu lakukan selecting data secara manual.

FORMULA PADA MICROSOFT EXCEL

• Formula pada aplikasi Excel adalah suatu persamaan matematika untuk menghitung nilai-nilai tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Penulisan formula selalu diawali tanda sama dengan (=) dan umumnya melibatkan operator dasar matematika.

• Berikut adalah beberapa operator dasar matematika yang sering digunakan pada pengolahan data di Microsoft Excel:

+: Penjumlahan

- : Pengurangan

/ (garis miring) : Pembagian

* (tanda bintang) : Perkalian

FUNGSI PADA MICROSOFT EXCEL

Fungsi adalah sebuah preset dari formula yang bertujuan untuk menyederhanakan formula hingga membuat proses perhitungan data menjadi lebih singkat dan tentunya relatif lebih mudah untuk dikerjakan. Fungsi-fungsi dalam Excel memiliki nama-nama yang unik. Berikut adalah nama fungsi beserta kegunaannya dalam pengolahan data di Microsoft Excel:

• SUM : Menjumlahkan 

• AVERAGE: Mencari nilai rata-rata 

• AND: Mencari nilai dengan perbandingan 

• NOT: Mencari nilai dengan perbandingan Atau

• Single IF: Mencari nilai jika kondisi Benar/Salah 

• Multi IF: Mencari nilai jika kondisi Benar/Salah dengan banyak perbandingan

• AREAS: Menampilkan jumlah area (range atau sel) 

• CHOSE: Menampilkan hasil pilihan berdasarkan nomor indeks

• HLOOKUP: Mencari data dari sebuah table yang disusun dalam format mendatar (horizontal)

• VLOOKUP: Mencari data dari sebuah table yang disusun dalam format tegak (vertikal) 

• MATCH: menampilkan posisi suatu alamat sel yang ditetapkan

• COUNTIF: menghitung jumlah cell dalam satu range dengan kriteria tertentu 

• COUNTA: menghitung jumlah cell yang terisi 

• DAY: mencari nilai hari

• MONTH: mencari nilai bulan 

• YEAR: mencari nilai tahun 

• DATE: mendapatkan nilai tanggal 

• LOWER: merubah huruf teks menjadi huruf kecil

• UPPER: merubah huruf teks menjadi huruf besar 

• PROPER: merubah karakter awal teks menjadi huruf besar 










Komentar

  1. Terimakasih artikel mudah dipahami dan info nya lengkap 🖒

    BalasHapus
  2. halo mampir ke artikel ku jg jangan lupa

    BalasHapus
  3. sangat informatif, lengkap, artikel menarik🖒

    BalasHapus
  4. Bagus , mudah di pahami, dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. Materi sangat mudah dipahamai👍

    BalasHapus
  6. Materi sangat mudah dipahamiii👍

    BalasHapus
  7. Artikel nya mudah dipahami , sangat bermanfaat 👍

    BalasHapus
  8. Waah...banyak betul ternyata....

    BalasHapus
  9. Keren ,,sangat bermanfaat dan mudah di fahami👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻

    BalasHapus
  10. Terimakasih saya terbantu dengan materi ini

    BalasHapus
  11. Keren kak, saya sangat terbantu

    BalasHapus
  12. Waw sangad bermanfaat sklih bundah

    BalasHapus
  13. Wah banyak informasi baru yang saya dapat setelah baca artikel ini. KEREN,TERIMA KASIH!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGELOLAAN DATA, INFORMASI, DAN INTERNET