MENGEVALUASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI PERKANTORAN
Pengertian Teknologi Perkantoran
Teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan – akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera, dan otak manusia.
Teknologi perkantoran itu sendiri adalah peralatan bantu untuk manusia dalam melakukan tugasnya dalam kegiatan administrasi ( Tedja Purnama, 1989;1). Kegiatan tersebut antara lain seperti mencatat, menghimpun, mengolah, memperbanyak, mengirim, dan menyimpan bahan – bahan keterangan secara efisien dengan menggunakan mesin – mesin kantor.
Perkembangan teknologi perkantoran mempunyai pengaruh yang positif terhadap ketenagakerjaan, prosedur kerja dan hasil kerja perkantoran itu sendiri disamping dampak negatifnya.
a. Dampak positif terhadap ketenagakerjaan yaitu:
1.Peningkatan mutu tenaga kerja ·
2. Meningkatkan kegairahan dan kedisiplinan kerja ·
3. Meningkatkan penghasilan bagi tenaga kerja·
4. Meringankan tanaga dan pikiran pegawai
Manfaat terhadap prosedur kerja yaitu:
1. Mempercepat penyelesaian pekerjaan
2. Mempermudah menyelesikan pekerjaan
3. Meningkatkan mutu hasil pekerjaan kantor.
4.Mempertinggi jumlah hasil perkerjaan ·
5. Memenuhi standar mutu tertentu ·
6. Memperoleh keseragaman bentuk, ukuran dan jenis hasil pekerjaan kantor
b. Dampak negatif terhadap ketenagakerjaan :
1. Megurangi penggunaan tenaga kerja dan barakibat menambah pengangguran.
2.Kesulitan untuk mencari tenaga kerja yang memiliki tingkat keterapilan tertentu.
3. Menimbulakan rasa ketergantungan kepada mesin yang sulit akan menimbulkan pemborosan.
4. Dapat menimbulkan suara gaduh sehingga mengganggu pegawai lainnya.
5. Penggunaan mesin tertentu dapat memerlukan sarana penunjang lainnya yang memerlukan biaya.
MENGEVALUASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI PERKANTORAN
Manajemen perkantoran adalah rangkaian aktifitas merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengawasi, dan mengendalikan hingga penyelenggaraan terhadap suatu hal berjalan tertib. Dalam perkantoran modern segala kegiatan manajemen perkantoran dikerjakan dengan menggunakan alat-alat otomasi perkantoran, diantaranya adalah perangkat komputer dengan berbagai software yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan-kegiatan perkantoran, perangkat komunikasi yang memadai, kantor virtual, organisasi virtual, dan lain-lain.
Sistem informasi teknologi dibutuhkan dalam manajemen perkantoran modern dalam menjalankan aktifitasnya, yaitu untuk mencatat segala transaksi yang terjadi dalam kegiatan perkatoran tersebut, selain itu juga untuk mengolah data-data transaksi tersebut sehingga menjadi informasi yang lebih berguna berbentuk laporan. Dari waktu ke waktu informasi mengalami perkembanagan yang sangat cepat seiring dengan perkembangan ilmu teknologi informasi, dengan berkembangnya teknologi informasi maka para pengguna informasi semakin mudah memperoleh informasi sesuai dengan kebutuhan, namun perkembangan tersebut harus di imbangi dengan perkembangan Sumber daya manusia dan didukung dengan media atau sarana informasi yang memadai.
• Ada tiga komponen utama teknologi informasi, yaitu :
Komputer, yakni mesin elektronik yang mampu untuk membuat kalkulasi dengan kapasitas yang besar dan sangat cepat. Mikro elektronik, yaitu rancang bangun (design) penerapan dan produksi dari peralatan elektronik yang berukuran sangat kecil, terdiri atas komponen-komponen yang rumit. Telekomunikasi adalah transmisi informasi melalui kabel atau gelombang radio.
Peranan Teknologi Informasi
Adanya kemajuan teknologi, khususnya teknologi informasi mempunyai pengaruh yang besar terhadap pekerjaan kantor. Pekerjaan kantor dapat dilaksanakan dengan mudah dan cepat. Di bawah ini dapat dilihat bagaimana teknologi informasi dapat membantu masing-masing pekerjaan kantor.
1. Penanganan Surat dan Pembuatan Laporan
Dengan diciptakannya mikro komputer yang sekaligus dapat berfungsi sebagai word processor, maka dengan menggunakan komputer semacam ini penyelesaian surat-surat dan laporan sangat dipermudah, cepat, dan cermat.
Ada tiga jenis dasar word processor :
Word-processor yang berperan sendiri dalam hal ini sifat penggunaan word processor independen, dan hanya digunakan untuk pengolahan teks, terdiri atas keyboard , processor, memory,layar,dan printer.
Beberapa word processor digunakan secara bergabung sebagai suatu sistem, terdiri atas beberapa keyboard dan layarnya yang dihubungkan dengan komputer sentral yang berfungsi sebagai pusat pengolahan, penyimpanan dan pencetakan.
Beberapa micro computer dengan tujuan umum di mana digunakan program pengolahan kata (a word-processing program).
Keuntungan dari penggunaan word-processor :
1. Meningkatkan produktivitas dalam pengolahan dokumen, laporan atau surat, dan sebagainya.
2. Menambah kepuasan kerja.
3. Mening kualitas dan konsistensi hasil akhir (output)
4. Menghemat tenaga
5. Mempermudah mengedit atau mengolah kalimat
6. Mempermudah memperoleh kembali data yang tersimpan
7.Kemampuan untuk mengintegrasikan wordprocessor dengan komputer-komputer lainnya.
Kerugian dalam penggunaan word-processor :
1. Memerlukan perubahan baik tata ruang fisik maupun prosedur kerja yang ada.
2. Memerlukan pelatihan yang memadai.
3. Menimbulkan gangguan pada mata karena terlalu banyak di muka layar.
4. Mengurangikesempatan kerja seperti pekerjaan kesekretariatan.
Komunikasi Perkantoran
Komunikasi dapat diartikan sebagai proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain melalui saluran. Komunikasi merupakan sarana yang menghubungkan orang-orang dalam organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Dengan pesatnya kemajuan teknologi modern, alat-alat komukasi beraneka-ragam, sarana komunikasi semakin canggih yang kita kenal dengan telekomunikasi (telecommunication) berasal dari kata teleartinya pemindahan jarak jauh dan communication yang berarti hubungan. Dalam pengertian yang sederhana, telekomunikasi adalah cara penyampaian informasi jarak jauh melalui kabel/kawat listrik atau melalui gelombang radio. Telepon dan telegram merupakan telekomunikasi yang cukup tua.
3. Pengiriman Surat
Setelah berkembangnya teknologi informasi yang diterapkan pada telekomunikasi, pengiriman surat, terutama pengiriman surat jarak jauh, dilakukan dengan pesawat elektronik, karena itu dikenal nama Pos Elektronik (Electronic Mail). Karakteristik utama dari electronic mail adalah transmisi informasi dari satu tempat ke tempat lain atau dari seseorang kepada orang lain dengan menggunakan metode elektronik penangkapan, pentransmisian, dan penyampaian informasi. Karena informasi disampaikan secara visual, maka teks aslinya tidak perlu dikirimkan. Yang termasuk ke dalam pos elektronik adalah teleks, faksimile, dan komunikasi antar komputer.
4. Tata laksana Arsip/Filing
Komputer mikro sangat membantu dalam hal pelaksanaan pekerjaan mengarsip/filing warkat-warkat. Arsip yang semula berupa tumpukan kertas dan disimpan di gedung arsip, sekarang arsip dapat disimpan di dalam disket-disket, CD, flashdisk. Dengan demikian penyimpanan arsip sekarang beralih kepada penyimpanan dan pemeliharaan yang memerlukan tempat jauh lebih sedikit dari pada gudang arsip dalam bentuk kertas.
Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Perkantoran
ada beberapa perspektif (harapan) yang perlu dipertimbangkan:
1. Implikasi umum (aspek sosial, ekonomi, dan sebagainya)
Investasi di bidang teknologi mungkin akan menimbulkan persoalan-persoalan seperti kebosanan, keterampilan berulang-ulang yang digunakan, serta kehilangan kepuasan kerja. Pekerjaan-pekerjaan perkantoran akan banyak mengalami perubahan. Pekerjaan-pekerjaan yang bersifat rutin cenderung diambil alih oleh mesin. Proses dan pengiriman informasi akan semakin cepat.
2. Implikasi terhadap karyawan kantor
a. Keuntungan:
•Mendorong untuk belajar keterampilan baru.
•Pekerjaan-pekerjaan yang menjemukan dapat dialihkan ke mesin- mesin.
•Lebih mempermudah dan mempercepat penanganan informasi.
• Lebih mudah dan cepat dalam memperbaiki kesalahan-kesalahan.
b. Kerugian:
•Cenderung karyawan menjadi “ machine-minders ”.
•Masalahkesehatan sebagai ekses dari peralatan seperti layar,printer , dan sebagainya.
•Kehilangan kontak personal, karena penyampaian informasi dilakukan oleh mesin.
•Implikasi terhadap pemberi kerja memerlukan waktu untuk perubahan dari sistem manual ke sistem elektronik.
Komentar
Posting Komentar